Doa Pagi Hari


Layaknya doa pada awal tahun dan awal bulan disunnahkan, demikian pula pada doa setiap pagi. Berikut doa yang disunnahkan dibaca pada pagi hari.

Al-Hamdu lillâhil-ladzî 'arrafanî nafsahû wa lam yatruknî a'mal-qalb. Al-Hamdu lillâhil-ladzî ja'alanî min ummati Muhammadin shallallâhu 'alaihi wa sallam. Al-Hamdu lillâhil-ladzî ja'ala rizqî fî yadihî wa lam yaj'alhu fî aidin-nâs.


“Segala puji bagi Allah yang telah mengenalkan hamba kepada diri-Nya dan tidak membiarkan hamba buta hati. Segala puji bagi Allah yang menjadikan hamba sebagai bagian dari umat Muhammad saw. Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan rezeki hamba di tangan-Nya dan tidak menjadikannya di tangan-tangan manusia.”

--------

Allâhumma innî a'ûdzu bika min zawâli ni'matika wa min tahwîli 'âfiyatika wa min fuj`ati niqmatika wa min syarri mâ sabaqa fil-kitâb. Allâhumma innî as`aluka bi'izzati mulkika wa syiddati quwwatika wa 'azhîmi sulthânika wa biqudratika 'alâ khalqika an taj'ala yaumanâ hâdzâ mahfûzhan bikaramika wa jûdika wa khairik. Wa shallallâhumma 'alâ Muhammadin wa âlih.


“Ya Allah, sesungguhnya hamba berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan dari-Mu, berubahnya keselamatan dari-Mu, datangnya siksa-Mu secara tiba-tiba, dan keburukan sesuatu yang telah ditetapkan di dalam Kitab-Mu. Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu dengan kemuliaan kerajaan-Mu, kedahsyatan kekuatan-Mu, kebesaran kekuasaan-Mu, dan kekuasaan-Mu atas makhluk-Mu agar Engkau berkenan untuk menjadikan hari kami ini hari yang terjaga dengan kemuliaan, kemurahan, dan kebaikan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarga beliau.”


---------

Yâ man dalla dzâtahû bidzâtihî wa tanazzaha 'an mujâlasati makhlûqâtih. Yâ man qaruba min khautharizh-zhunûni wa ba'uda 'an mulâhazhatil-'uyûn. Wa 'alima bimâ kâna qabla an yakûn. Ilâhî in lam tabda`niyar-rahmatu minka bihusnit-taufîq. Famanis-sâliku bî ilaika fî audhahith-tharîq. Wa in khadzalanî nashruka 'inda muhârabatin-nafsi wasy-syaithân. Faqad wakalanî khadzlânuka ilâ haitsun-nashabu wal-hirmân. Ilâhî qara'tu bâba rahmatika biyadi rajâ`î wa harabtu ilaika lâji`an min farthi ahwâ`î fa-shfahillâhumma mâ kâna min zalalî wa khatha`î. Wa-j'alillâhumma shabâhî hâdzâ nâzilan 'alayya bidhiyâ`il-hudâ was-salâmati fid-dîni wad-dunyâ wa masâ`î junnatan min kaidil-'idâ wa wiqâyatan min murdiyâtil-hawâ. Innaka qâdirun 'alâ mâ tasyâ`. Ilâhî man dzâ ya'rifu qudrataka falâ yakhâfuka wa man dzâ ya'lamu mâ anta falâ yahâbuk. Yâ khaira man du'iya likasyfidh-dhurri wal-ma`mûli likulli 'usrin wa yusrin. Istami' nidâ`î wa-stajib du'â`î wa haqqiq bifadhlika amalî wa rajâ`î yâ arhamar-râhimîn. Wa shallallâhu 'alâ sayyidinâ Muhammadin wa âlihith-thâhirîn.



“Wahai Zat yang menunjukkan diri-Nya sendiri dan suci dari berkumpul dengan makhluk-makhluk-Nya. Wahai Zat yang dekat dengan prasangka-prasangka yang terlintas, jauh dari perhatian mata, dan mengetahui apa pun yang ada sebelum semua itu ada. Tuhan hamba, jika hamba tidak mendapat bantuan rahmat-Mu dengan baiknya taufik, siapakah yang membimbing hamba kepada-Mu dalam menempuh jalan yang paling jelas? Jika hamba tidak mendapat pertolongan-Mu untuk mengalahkan nafsu dan setan, sungguh hamba akan terseret ke dalam kepayahan dan keharaman. Tuhan hamba, hamba mengetuk pintu rahmat-Mu dengan tangan harapan hamba dan hamba berlari untuk mencari keselamatan kepada-Mu dari kuatnya hawa nafsu hamba. Karena itu, ampunilah kesalahan dan dosa hamba, ya Allah. Jadikanlah waktu pagi turun kepada hamba dengan cahaya petunjuk dan keselamatan dalam agama dan dunia, dan jadikanlah waktu sore sebagai perisai hamba dari tipu daya musuh dan benteng dari hawa nafsu yang membinasakan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas apa yang Engkau kehendaki. Tuhan hamba, siapakah yang mengetahui kekuasaan-Mu lalu tidak takut kepada-Mu? Siapakah yang mengenal-Mu lalu tidak mengagungkan-Mu? Wahai Zat yang paling baik diminta untuk menghilangkan kerugian, dan yang diharap (bantuan-Nya) dalam setiap kesulitan dan kemudahan, dengarlah panggilan hamba, kabulkanlah doa hamba, dan wujudkanlah cita-cita dan harapan hamba, wahai Zat yang paling mengasihi di antara yang mengasihi, limpahkanlah shalawat kepada pemimpin kami, Muhammad, beserta keluarga beliau yang suci.”

sumber: buku ensiklopedia doa dan dzikir
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Doa Pagi Hari"

Posting Komentar