Tips Memilih Kacamata


Jika anda memiliki keluhan pada mata dan mengharuskan anda memakai kacamata. Tidak perlu khawatir, karena pemilihan kacamata yang tepat akan memberikan nilai plus terhadap penampilan anda. Berikut beberapa tips yang dapat membantu anda dalam memilih kacamata.

A. Bingkai kacamata (frame)

Perhatikan bentuk wajah Anda.
Bagi anda yang berwajah oval, cocok menggunakan hampir seluruh bentuk frame, jangan ragu bereksperimen untuk mencoba berbagai bentuk frame.
Wajah berbentuk bulat, hindari frame berbentuk bulat karena akan mempertegas bentuk wajah anda yang bulat. Pilihlah frame yang berbentuk elips, hal ini akan menyamarkan bentuk wajah anda.
Wajah berbentuk persegi, cocok menggunakan frame dengan model oval. Hal ini untuk menyamarkan bentuk keras dan kaku pada rahang. Hindari frame berbentuk kotak karena akan semakin menambah kesan kaku pada wajah anda.

Warna kulit
Untuk anda yang berkulit putih, anda beruntung karena semua warna frame akan cocok digunakan oleh anda. Kulit yang berwarna kulit coklat atau sawo matang, pilihlah frame yang berwana merah, coklat, abu-abu, hitam metalik, dan hijau tua. Kulit yang berwarna kuning dan pink lebih cocok menggunakan frame yang berwarna hijau, kuning dan coklat. Sedangkan untuk anda yang berwarna kulit hitam lebih cocok untuk menggunakan frame yang berwarna abu-abu, kuning keputh-putihan, coklat metalik dan warna perak metalik.

Postur tubuh
Postur tubuh yang tinggi besar dan tegap, pilihlah frame yang kokoh dan agak tebal, bagi anda yang berbadan tinggi kurus dan kacil dianjurkan untuk menggunakan frame yang lentur dan ringan.

B. Lensa kacamata



Bahan lensa
Anda yang menginginkan kacamata yang ringan dan tidak mudah pecah pilihlah lensa yang berbahan plastik, namun untuk anda yang menginginkan lensa yang lebih tipis dan tidak mudah tergores pilihlah lensa yang berbahan kaca.



Fungsi lensa
Jika anda banyak beraktivitas di luar ruangan, pertimbangkan untuk memilih warana atau lensa berubah warna menjadi gelap saat terkena sinar matahari, semakin terik sinar matahari maka lensa akan semakin gelap. Lensa yang berfungsi melindungi mata anda dari sinar UV adalah lensa yang sudah dilapisi dengan UV protection coat. Selain bagi anda yang terbiasa bekerja di depan monitor komputer, maka anda dianjurkan untuk menggunakan lensa yang telah dilengkapi anti radiasi komputer.
sumber:optic.kasoem
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tips Memilih Kacamata"

Posting Komentar