Kursus Memasak untuk si Buah Hati

Bagi anak yang gemar membantu orang tua di dapur bisa menambah keterampilannya di tempat ini. Tak hanya belajar meramu aneka bahan dan bumbu menjadi hidangan lezat, sekaligus juga belajar matematika, geografi, dan biologi.

Ya, karena tempat kursus masak anak Klub Dino Bona Indah menerapkan prinsip belajar sambil bermain. Para pengurusnya, Indira Hadi dan Sutji Haryo memaparkan, dengan begitu anak bisa mengambil dua manfaat sekaligus. Selain menguasai keterampilan memasak, anak juga bisa menambah pengetahuannya. Tak lain karena setiap kali hendak mengolah makanan, seperti spageti, dijelaskan dulu asal makanan ini. Lalu anak-anak diminta membuka halaman peta dunia untuk menunjukan di mana Italia berada.

Setelah itu, anak diajak mengamati adonan dan bumbu-bumbu yang dipergunakan. Dengan bahan berupa cabai, secara tak langsung anak menyelami pelajaran biologi. Begitu juga dengan komposisi dan takaran yang dipakai untuk membuat adonan, di situ anak bisa belajar matematika.

Yang jelas, karena diperuntukkan bagi anak-anak, makanan yang diolah pun dipilih yang populer di kalangan mereka. Tentu saja, selama resepnya tidak terlalu rumit, seperti spageti, burger, pizza, nasi goreng, mi, menghias kue tart dan lain-lain. "Sebab tujuan kursus ini adalah mengenalkan dunia memasak, sehingga memasak menjadi aktivitas menyenangkan buat anak," kata Indira.

BUKAN HANYA KLUB MASAK

Tempat kursus masak yang disebut Klub Dino ini berdiri pada 12 November 2001 atas dasar kepedulian beberapa ibu. Mereka yang ingin memberikan keterampilan lebih kepada anak-anak ini adalah Ria Andriani, Amiyanti, Indira Hadi, dan Sutji Haryo. Namun, karena anak-anak juga tertarik mempelajari bidang-bidang lain, dibentuklah kursus melukis, membatik, membuat aksesori, dan komputer.

Adanya berbagai kursus keterampilan di satu tempat, membuat orang tua tidak repot mengantarkan anak-anaknya ke sana-kemari. Tempat ini juga dilengkapi dengan ruang perpustakaan dengan berbagai koleksi buku. Jadi, saat sang kakak belajar memasak, sang adik bisa menimba keterampilan melukis, dan sang ibu bisa relaks di ruang perpustakaan.

MENGAKRABKAN PERALATAN DAPUR

Diharapkan, selepas mengikuti kursus di tempat ini, anak tidak gagap lagi menggunakan peralatan dapur. Mereka juga bisa membantu kedua orang tuanya membuat hidangan sehari-hari. "Bahkan ada juga anak yang bisa mendapatkan uang jajan dari hasil kreasinya membuat penganan," tutur Indira. Anak tersebut, membuat olahan dari resep dasar yang diajarkan di Klub Dino di arisan keluarganya. Ternyata banyak yang memuji hasil masakannya, hingga akhirnya banyak pesanan dari saudara yang mengalir kepadanya.

Di tempat kursus ini anak juga dirangsang berkreasi. Contohnya, untuk penyajian masakan, anak didorong berlomba menata mejanya agar terlihat indah dan menggugah selera. Anak juga harus membuat alas piring hasil kreasinya sendiri, dengan motif dan gambar beraneka ragam agar terlihat serasi dengan masakan yang sudah dibuat.

PAKET REGULER DAN PAKET LIBURAN

Untuk bisa ikut kursus, usia anak harus sudah mencapai 6 tahun. Pertimbangannya, anak-anak seumur itu sudah bisa tertib di dapur. Tangan mereka pun sudah cakap menggunakan peralatan dapur. "Tapi anak-anak di bawah lima tahun pun tak perlu kecewa. Mereka bisa ikut ambil bagian dengan ikut serta menghias hidangan yang telah dimasak," ujar Indira.

Dengan kurikulum menarik, bukan cuma anak perempuan yang tertarik mengikutinya, tapi juga anak laki-laki. Biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap kursus tergantung pada jenis masakannya. Untuk paket reguler Rp 65 ribu, di mana anak-anak bisa mengolah 2-3 resep masakan per paketnya. Satu paket selesai dalam satu kali pertemuan.

Jika sudah menyelesaikan satu paket, para peserta bisa mengambil paket selanjutnya dengan resep yang berbeda. "Peserta dibatasi 10-12 anak untuk satu kali pertemuan dengan satu pengajar, satu asisten, dan dua staf yang akan membantu anak saat mengolah makanan," lanjutnya.

Selain paket reguler, ada juga paket liburan. Bedanya, waktu belajar dalam paket ini berlangsung lebih lama, dari jam 09.00 sampai 14.00 selama tiga hari. Biayanya sekitar Rp 300 ribu. Selain kursus memasak, mereka juga bisa menikmati keterampilan lain secara gratis, seperti komputer dan melukis. Pendaftaran dibuka dari Senin sampai Jumat setiap pukul 09.00-16.00 WIB.

Klub Dino Bona Indah
Pertokoan Ruko Bona Indah Blok A1-A2
Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan
Telp. (021)7581 6415
sumber: Nakita.com
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Kursus Memasak untuk si Buah Hati"

Posting Komentar