serunya memasak bersama

Untuk mengisi liburan yang panjang tak semuanya harus diisi dengan kegiatan outdoor. Kegiatan indoor-pun bisa dilakukan untuk mengisi liburan kali ini. Misalnya dengan memasak bersama anak. Ini bermanfaat juga buat menghilangkan kejenuhan mama yang tiap hari memasak. Selain bisa mengenalkan ragam kuliner kita, mereka juga dilatih kerja sama. Mulailah mengenalkan dengan hal-hal yang sederhana seperti nama-nama bumbu dapur atau nama masakan.

Lakukan secara perlahan-lahan, misalnya sambil bercerita. Misalnya, mengapa masakan Padang banyak yang menggunakan santan. Karena jaman dulu orang Padang ketika membuka pintu, mesti melihat pohon kelapa dan mereka sengaja memanfaatkan buah kelapa untuk menambah cita rasa pada masakan. Atau mengenalkan jenis masakan berasal darimana misalnya, masakan gudeg adalah masakan dari Yogyakarta, dan sebagainya. Perlu ketekunan orang tua dalam mengajarkan hal ini.

Mengajarkan anak memasak bisa dimulai dengan mengenalkan alat-alat yang diperlukan, juga bahan-bahan dasar. Orang tua harus tetap mengawasi agar anak fokus dan tercipta suasana yang menyenangkan.
Jangan lupa berikan pujian kepada mereka bila masakannya enak.

Saat membuat kue kering misalnya, biarkan anak-anak berkreasi sendiri. Biarkan mereka mencetak dengan bentuk-bentuk yang mereka sukai. Biarkan mereka berkreasi menghiasnya juga, dengan diberi permen warna-warni misalnya.

Mengajari memasak bisa dimulai di usia sekitar 4-5 tahun, tentu dengan pengawasan orang tua. Seperti gambar diatas, si adik umurnya baru 2 tahun, tapi senang juga kalau ke dapur. Tetapi belum mengerti misalnya diberi tahu, ini namanya apa, masakan dari mana. Seiring bertambahnya usia, mereka akan mengerti.
Perlu diperhatikan, jangan dipaksakan bila anak tidak berminat.

sumber: duniaanak
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "serunya memasak bersama"

Posting Komentar