Persembahan PBA: Antologi Cerpen Anak Fantasi


Apa istimewanya buku ini? Wohohoho ... nih buku keren banget. Penulis-penulis
cerita anak hebat numplek semuanya disini (dan di dua buku selanjutnya). Nama-nama penulisnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Mereka sudah malang melintang di majalah-majalah anak tanah air. Nggak heran kalo ceritanya pun keren semua. Begitu buka halaman pertama, langsung digeber sampai halaman terakhir. Mantap! Asyik nih, bisa sambil belajar juga cara mengolah cerita anak dari karya-karya penulis ternama.
Ada 14 cerita dari 14 penulis.
1. Pendekar Terhebat - Novi Kurnia
Pangeran Darma dan Pangeran Surya adalah kakak beradik yang jago berpedang. Sudah banyak kejuaraan berpedang yang dijuarai mereka berdua. Hanya saja, setiap keduanya harus bertanding, tak ada yang saling bisa mengalahkan. Kedua pangeran ini sama hebatnya. Karena ingin tahu siapa yang paling jagoan, mereka mendatangi Ki Badar, guru yang pernah melatih keahlian mereka berpedang. Di tengah perjalanan mereka berdua bertemu gerombolan perampok yang merampas peti perhiasan kerajaan. Di sinilah ujian mereka berdua sesungguhnya. Siapa yang akhirnya terbukti paling jago?

2. Putri Marsha Yang Manja - Tedi Siswoko
Karena terbiasa dilayani oleh para dayangnya, Putri Marsha tumbuh menjadi putri yang manja. Segala sesuatu harus dilakukan oleh para dayang yang siap diperintahnya. Hal ini merisaukan hati Baginda Raja dan Ratu. Akhirnya sang Raja memanggil tabib untuk membuatkan ramuan agar Putri Marsha tidak manja lagi. Ternyata, sang Tabib malah menyiapkan ramuan untuk Raja, Ratu, dan seluruh dayang serta penghuni istana. Nah loh, kenapa begitu?

3. Atsu dan Peri Angin - Benny Oktaviano
Atsu dan Neneknya tinggal di bulan. Tapi karena saat itu bulan lokasinya dekat dengan bumi, Atsu jadi sering turun ke bumi. Sayangnya Atsu sering berbuat kejahilan terhadap penduduk bumi. Karena ulahnya itu Atsu sering dimarahi neneknya yang tiap hari menerima laporan tentang kenakalan cucunya. Suatu ketika Atsu melanggar nasihat neneknya untuk tidak berenang di Danau Peri Angin. Peri Angin pun murka. Apa yang terjadi dengan Atsu? lalu kenapa bulan akhirnya menjauh posisinya dari bumi? Pasti gara-gara Atsu nih.

4. Boots yang Angkuh - Resti Nurfaidah
Billy membeli sepasang Boots yang baru. Ha ini mengakibatkan sepatu-sepatu miliknya yang lain merasa sedih. Billy tidak pernah memakai sepatu lamanya lagi karena sudah memiliki Boots yang bagus. Boots pun menjadi angkuh dan sombongkarena dia merasa paling hebat di antara sepatu lainnya.Tapi apakah keangkuhan Boots akan bertahan? Lalu, bagaimana mungkin sepatu-sepatu usang itu akhirnya berubah menjadi sesuatu yang cantik? Diapain ya? Hmmm ...

5. Mia Mengganti Suaranya - Fatma Indriani
Meski memiliki suara yang merdu, Mia tidak berpuas diri. Dia ingin memiliki wajah yang cantik juga. Selama ini dia merasa wajahnya sama sekali tidak cantik. Karena itu Mia nekad mendatangi Penyihir Narini. Penyihir Narini sanggup membuat wajah Mia menjadi cantik, asal mau menukar suaranya yang indah dengan suara penyihir yang jelek. Mia bersedia. Kehebohan pun terjadi karena ayah dan ibu Mia tidak mengenali lagi Mia. Waah ... lalu bagaimana dengan nasib Mia ya? Padahal Mia sangat suka menyanyi juga lho, tapi suaranya sudah berubah jadi jelek.

6. Kaos Kaki Koki Komi - Rae Sita Patappa
Komi sangat berbahagia, karena terpilih menjadi koki kerajaan. Dia baru saja menang sayembara untuk mencari koki kerajaan baru. Tapi, ketika melihat dua koki senior yang sudah ada di kerajaan, hati Komi jadi ciut. Kedua koki itu hebat dan terampil sekali dalam memasak. Komi curiga mereka mengenakan kaos kaki sihir sehingga kedua koki itu menjadi koki yang hebat. Karena itu Komi pun mencari seorang penyihir agar membuatkannya kaos kaki ajaib juga. Tapi setelah Komi mempunyai kaos kaki ajaib, ternyata raja dan keluarga kerajaan kecewa dengan masakan Komi! Waduh ... lalu apa yang harus Komi lakukan?

7. Latiko dari Pulau Latik - Aan Wulandari Usman
Karena perahunya dihantam ombak, Latiko terdampar di Kerajaan Marin. Dia ditolong oleh Putri Marina. Yang mengherankan buat Latiko, Marina memberikan berbagai jenis makanan aneh, seperti roti, apel, telur dan juga susu. Aneh? bukankah makanan dan minuman itu bukan barang aneh? Tapi buat Latiko semua it terasa aneh. Di pulau Latik tempatnya tinggal, dia hanya mengenal kapsul sebagai makanannya, dan air putih sebagai minumannya. kenapa begitu, ya?

8. Peri Batu - Arleen Amidjaja
Peri Batu merasa sedih. DIbandingkan peri-peri lainnya, seperti Peri Bunga, Per Buah, Peri Burung, dan peri lainnya, Peri Batu merasa dirinya tidak berguna. Tugasnya hanya merapikan dan merawat batu-batu. Semua manusia pun tidak pernah mengingat Peri yang satu ini. Tidak heran kalau Peri Batu menjadi gundah. Tetapi, sebuah kejadian membuat peran Peri Batu sangat dibutuhkan oleh seluruh manusia dan bangsa Peri. Kejadian apa, ya?
9. Putri Alana dan Putri Anaya - Fita Chakra
Raja menjanjikan seekor kuda bersurai emas untuk hadiah ulangtahun putrid kembarnya; Alana dan Anaya. Syaratnya cuma satu, mereka harus menanam benih bunga mawar kuning sampai bunga itu tumbuh dan bunganya bisa bernyanyi dengan merdu. Siapa yang nyanyian bunganya paling merdu, itulah yang berhak memperoleh hadiah kuda bersurai emas. Alana dan Anaya pun saling berlomba untuk mendapatkan hadiah istimewa itu. Hmmm ... siapa yang akan memperoleh hadiah kuda itu, ya? Eh, ada yang berbuat curang! Putri yang mana ya? Alana atau Anaya?

10. Kana Bongsom - Iwok Abqary
Karena ingin menghadiri pesta ulang tahun Pangeran Fathir di istana, Kana meminta bantuan seorang Peri Hutan. Dia meminta sebuah gaun istimewa, padahal Kana sudah memiliki banyak Gaun indah di rumahnya. Sayangnya Kana banyak sekali permintaan, sehingga Peri Hutan dibuatnya kesal. Apa yang diberikan oleh Peri Hutan selalu tidak sesuai dengan keinginan Kana. Bahkan kereta kencana yang diberikan Peri Hutan pun tidak sesuai dengan keinginannya. Kana selalu banyak meminta, meski Ibu Peri sudah memperhitungkan apa yang terbaik bagi Kana. Akibatnya, sesuatu pun terjadi di perjalanan menuju istana, yang membuat Kana menyesal bukan kepalang. Kejadian apakah itu?

11. Raja Ompong - Deny Wibisono
Raja bingung sekali. Akibat terjatuh dari kuda, giginya tanggal dan ompong. Karena takut giginya yang ompong akan mengurangi wibawanya di depan rakyatnya, diam-diam raja mendatangi seorang tukang gigi. Raja minta dibuatkan gigi palsu. Raja pun meminta si tukang gigi untuk merahasiakan tentang gigi palsunya. Sayangnya suatu ketika Raja lupa memakai gigi palsunya. Rahasianya pun terbongkar! Waah ... apa yang terjadi kemudian, ya?

12. Obat buat Nenek Inez - Sokat Rahman
Dali dan Linus adalah dua ekor tikur rumah. Karena Nenek Inez sakit, mereka harus meminta obat kepada tikus lainnya yang bernama Kenobi. Sayangnya, Kenobi tidak tinggal satu liang. Untuk mencapai liang Kenobi, mereka harus melintasi dalam rumah. Masalahnya, di rumah itu terdapat Kemi, seekor kucing, yang menjadi musuh besar Dali dan Linus. Kemi pasti akan memburu mereka kalau Dali dan Linus masuk ke dalam rumah. Dua ekor tikus itu pun harus mencari cara untuk mengelabui Kemi. Apakah Dali dan Linus berhasil lolos dari kejaran Kemi dan mendapatkan obat dari Kenobi?

13. Kepala Dicukur, Kelapa Dikukur - Firmanawaty Sutan
Kisah Pak Cukur dan Pak Kukur. Pak Kukur selalu merasa iri melihat Pak Cukur. Menurutnya, menjadi tukang cukur itu enak, karena tidak perlu bangun pagi untuk berjualan. Kerjanya pun gampang, tinggal srat-sret menggunting rambut pelanggannya, tidak seperti dirinya yang harus menguras tenaga untuk mengukur kelapa. Pak Cukur memang membuka lapak cukurnya siang hari, beda dengan Pak Kukur yang sedari pagi harus meladeni Ibu-ibu yang membeli kelapanya. Suatu ketika, Pak Cukur sakit perut sehingga harus pulang dulu. Sayangnya, saat itu ada pelanggan yang ingin dicukur rambut dan mengira Pak Kukur adalah Pak Cukur. Jadilah Pak Kukur berpura-pura menjadi Pak Cukur. Nah loh, apa jadinya kalau Pak Kukur berubah jadi Pak Cukur?

14. Gadis Pilihan Pangeran - Endang Firdaus
Melati, Mawar, dan Melur, adalah tiga kakak beradik. Mereka bertiga mendapatkan undangan untuk menghadiri pesta sang Pangeran yang sedang mencari calon istri. Ketika sedang kebingungan memikirkan gaun dan perhiasan untuk datang ke pesta itu, dua orang kurcaci memberikan hadiah tak disangka-sangka; gaun-gaun dan perhiasan indah untuk mereka pakai. Lengkap dengan kereta kencana pula masing-masing untuk satu orang. Sayangnya, dalam perjalanan menuju istana banyak godaan yang menghadang mereka. Godaan apakah itu? Dan siapakah yang berhasil menarik perhatian Sang Pangeran di antara ketiga kakak-beradik itu?

sumber: iwok [milis penulis bacaan anak]
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Persembahan PBA: Antologi Cerpen Anak Fantasi"

Posting Komentar